Menjalani kehidupan sebagai orang tua memang tidaklah mudah, terkadang menghadapi anak yang rewel karena tantrum ataupun bertengkar membuat kepala kalian sebagai parents terasa berat bahkan kerap berkata “stress jadinya”.

Semua kegiatan rumah tangga mulai dari mengurus anak hingga membersihkan dan merapikan rumah memang memakan energi cukup banyak, terlebih jika juga bekerja diluar rumah, apapun profesinya tetap saja double job antara kerjaan rumah tangga dengan pekerjaan luar dapat memicu seseorang menjadi stres.

Nah kali ini Fadsan mau berbagi tips yang gak kalah bermanfaat untuk kalian agar tetap menjadi orang tua yang tetap bahagia meski menghadapi masalah dikehidupan sehari – hari. Berikut adalah beberapa tips yang diambil dari beberapa sumber dan dirangkum oleh Fadsan untuk Fadsan Fams tercinta.

Terhubung Dengan Sang Buah Hati

Pernah denger kalimat kalau waktu berharga adalah waktu yang digunakan dengan sebaik-baiknya? Ini adalah salah satu cara untuk terhubung dengan sang buah hati. Karena dengan menghabiskan waktu bersama dapat menjadikan tali ikatan orangtua dan anak saling terhubung. 

Meski terkadang kesibukan melanda baik dari pekerjaan rumah ataupun kantor, namun itu bukan menjadi penghalang untuk kita menyempatkan waktu bersama dengan si kecil. Meski hanya berbincang bincang  sebentar selepas beraktifitas dan sebelum beristirahat, namun jika dijadikan rutinitas sehari – hari hal ini dapat membuat waktu menjadi lebih berkualitas.

Jangan Membeentak dan Berteriak Kepada Anak

Perlu kalian tahu sebagai orang tua, selain menumbuhkan rasa trauma pada anak, sebagai orang tua yang membentak anaknya akan disusul dengan rasa penyesalan sehingga akan merasa sedih  yang dapat memicu stres. Tentu saja dengan melihat anak yang mudah takut dan tidak percaya diri karena kerap kali dibentak , akan menambah beban pikiran orang tua kedepannya. 

Jadi berhentilah sejak sekarang jika kalian suka menegur anak dengan nada tinggi atau membentak, karena akan berdampak negatif bagi si anak maupun orang tua. Jika hal buruk seperti ini terus dilakukan tentu saja semakin sulit kalian merasa bahagia.

Jangan Terlalu Keras Pada Diri Sendiri

Menjadi sosok terbaik dalam peran sebagai orang tua memanglah harapan dan keinginan semua orang, namun perlu diingat bahwa terlalu memaksakan diri untuk sempurna dalam metode parenting juga tidaklah baik. 

Karekter anak, lingkungan tinggal, dan kondisi lainnya sangat berpengaruh dalam metode parenting, bukan berarti anak teman kalian bisa didik seperti itu, dan kalian berekpetasi tinggi bahwa anak kalian juga akan demikian. 
Mencoba yang terbaik tidaklah salah, namun cukup kita pelajari lagi dan sesuaikan dengan karakter si kecil, jangan terlalu memaksakan dirimu dan anakmu untuk metode yang tidak tepat agar tidak menimbulkan rasa stres.

Baca juga : Inilah Fakta Psikologi Pria yang Mom’s Harus Tahu

Selalu Bersyukur

Tetaplah bersyukur meski sedang didalam cobaan keluarga yang memang terasa berat untuk di pikul. Dilansir dari berbagai sumber studi, kebiasaan dalam bersyukur ternyata merupakan salah satu kunci menju kebahagiaan. 

Maka biasakanlah mengucap syukur dalam hal-hal kecil, seperti diberi kesehatan, baik itu pada suami, istri dan anak-anak, mengucap syukur atas rizki makanan hari ini, dan lain sebagainya.

Dengan banyak bersyukur kalian tidak akan mudah stres, asalkan diimbangi dengan usaha, apapun yang kita inginkan pastilah dapat tercapai.

Luangan Waktu dengan Pasangan

Ini adalah salah satu hal yang sangat berpengaruh dan juga penting ketika kalian telah menjadi sepasang suami istri dan menjadi orang tua. Terkadang akibat dari kesibukan sehari-hari lepas menikah, membuat quality time semakin terabaikan. 

Jika kalian mulai stres karena merasa pasangan sudah tidak mengerti lagi, maka sempatkanlah untuk meluangkan waktu tuk dihabiskan bersama, sharing satu sama lain agar bisa saling berbagi beban dan solusi, dengan demikian akan meminimalisir tingkat pemicu stres kalian.


Leave a comment

×