Hello fadsan fams, udah tau belum nih tentang sejarah bahan linen yang digunakan oleh Fadsan dan industri di indonesia untuk pembuatan produk mau itu dari pakaian atau produk lainnya? Kalo belum tau, yuk cari tau dan simak penjelasan tentang bahan linen yang sering digunakan oleh Fadsan dan industri tekstil di indonesia.

Tentang Bahan Linen

Bahan linen sendiri terbuat dari jenis tumbuhan alang-alang, bila di negara barat tumbuhan ini dikenal sebagai linen dan dimanfaatkan untuk pakaian, sprei, taplak meja, tas, handuk, celemek, saputangan dan lain-lain. Jadi bahan linen adalah sebuah jenis kain yang dibuat dari serat tumbuhan linen. 

Fadsan fams tau ga kalo kain linen ini salah satu kain yang tertua dalam sejarah tekstil tidak itu kain linen juga merupakan kain yang kuat, kenapa gitu ? karena bahan linen ini 2 atau 3 kali lebih kuat dari kain lainnya.

Pembuatan Bahan Linen

Udah tau belum Fadsan fams dalam proses pembuatan bahan linen memerlukan waktu yang tidak sebentar loh ada beberapa proses pembuatan sampai menjadi bahan linen yang bagus. Ini dia beberapa tahapannya : 

Proses Menanam Flax atau Rami

Dalam proses ini waktu yang dibutuhkan dari penanaman hingga siap dipanen adalah 100 hari, Flax atau rami akan dipanen ketika sudah berbunga dan berubah menjadi kecoklatan maka flax siap untuk di panen.

Proses Retting

Retting ini salah satu proses dimana flax yang sudah dipanen harus diberikan bakteri yang mengikat seratnya, proses ini bisa disebut proses pembusukan. Lama proses ini memerlukan waktu 1 sampai 2 minggu dan apabila menggunakan bahan kimia lama proses retting ini kurang lebih 48 jam.

Proses Pengeringan

Setelah proses retting atau proses pembusukan, proses selanjutnya masuk ke proses pengeringan.

Baca Juga : Makna Warna Warni Pakaian yang Kamu Gunakan Sehari-Hari

Proses Beetled

Di proses beetled ini kita akan memukul tanaman rami yang sudah di kering kan tadi dengan palu yang terbuat dari kayu sehingga serat mampu menjadi lebih longgar dan terpisah.

Proses Scutched

Seperti halnya proses beetled diproses scutched ini yang membedakan dari alat pemukulnya yang dimana kayu pemukulnya panjang dan berbentuk pisau yang berfungsi menyingkirkan serpihan yang terdapat serat tanaman.

Proses Filter

Setelah melewati proses Scutched saatnya ke proses filter dimana diproses ini kita memisahkan serat flax yang berukuran panjang dari kotoran dan serat-serta pendek. Dari serat tersebut dikombinasikan untuk menghasilkan serat paralel yang lebih panjang.

Serat tanaman flax yang sudah dipisahkan tadi kemudian dipintal menjadi benang. Masih proses filter sesudah menjadi benign kemudian benang disortir sesuai hasil pintalan tadi. Benang yang berkualitas akan diproses dan diolah menjadi kain linen.

Penggunaan Bahan Linen Dalam Fashion

Dengan keunggulan meminimalisir rasa gerah, aman untuk kulit sensitif kain linen nampak berkelas bila digunakan sebagai bahan bahan Baju koko, kemeja pria, gamis dan masih banyak yang lainnya. Kesimpulannya baju koko atau lainnya yang dibuat dari bahan linen digunakan pada musim panas dan tropis.

Jenis-jenis Kain Linen

Ternyata kain linen itu ada variasinya loh yang membedakannya dari teknik menenun. Berikut ini beberapa jenis kain linen paling umum digunakan.

Kain Linen Holland

Kain linen holland cocok banget digunakan untuk penutup lampu karena kain linen holland ini sulit ditembus oleh sinar matahari dan cenderung buram.

Baca Juga : Makna Warna Warni Pakaian yang Kamu Gunakan Sehari-Hari

Kain Linen Huckaback

Kain linen huckaback dibuat dari campuran linen dengan katun atau dari linen murni. Kain linen huckaback ditenun dengan tangan pengrajin dan benang twisted yang sangat halus, kain linen huckaback cocok untuk dijadikan handuk.

Kain Linen Cambric

Berasal dari Cambria, Prancis linen Cambric jenis kain linen yang tipis dan polos biasanya kain linen Cambric sangat cocok untuk digunakan sebagai pakaian dan sapu tangan.

Kain Linen Kasar

Kain linen jenis biasanya digunakan untuk bahan pakaian untuk pekerja berat karena teksturnya yang sangat kaku.

Itu adalah beberapa jenis kain linen, bila ada pertanyaan bisa hubungi kami yah.


Leave a comment

×