Komunikasi merupakan sesuatu yang penting dalam bersosialisasi, dalam kehidupan tentu saja memerlukan suatu komunikasi, memang tak selalu mengenai sesuatu yang terucap dari mulut, karena siapapun orangnya, baik ia tidak bisa mendengar, tidak bisa berbicara, tidak bisa melihat, dan lain sebagainya, mereka juga mampu dan pasti berkomunikasi dengan caranya sendiri. 

Lalu apa itu komunikasi ? Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, komunikasi merupakan pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami.

Lalu bagaimana manfaat dari komunikasi yang baik dalam sebuah keluarga? Apakah komunikasi yang baik dapat memberikan keuntungan dan menjaga keharmonisan rumah tangga? Berikut adalah beberapa manfaat komunikasi , yang telah Fadsan rangkum dari beberapa sumber untuk Fadsan Fams. 

Menyampaikan Informasi

Dengan berkomunikasi kita dapat menyampaikan suatu informasi, dalam penyampaian informasi tentu dibutuhkan komunikasi yang baik agar mudah dipahami dan dimengerti, juga meminimalisir terjadinya kesalahpahaman dalam penguraian informasi oleh setiap pendengar. Tentunya hal ini akan memberikan dampak terciptanya keluarga yang damai, terminimalisirnya kesalahpahaman, dan setiap keluarga dapat mengetahui informasi tersebut.

Mengerti Hal yang Diinginkan Karena Diungkapkan Oleh Ekspresi

Pernah tidak kalian sadari bahwa tanpa mengeluarkan suara kita mampu berkomunikasi dengan seseorang, nah ini adalah satu bentuk komunikasi non-verbal, yakni komunikasi menggunakan ekspresi.

Komunikasi seperti ini akan membuat seseorang mengerti apa yang diinginkan setiap anggota keluarga dan mampu memahami setiap situasi, kondisi anggota keluarganya dengan memperhatikan ekspresi yang ditunjukan setiap raut wajah ketika berkomunikasi. 

Baca Juga : Inilah Hal-hal Penting yang Harus Ayah Lakukan Untuk Anak Laki-laki

Muncul Sikap Sosial di Keluarga

Kalian tahu tidak? Bahwa melatih komunikasi anak akan sangat berpengaruh terhadap bagaimana ia bersosialisasi kelak, karena dengan melatih anak untuk berbicara dan berekspresi akan membantu perkembangan sikap sosial sang anak baik dalam keluarga maupun dalam masyarakat luar. 

Tentu saja, untuk anak yang mampu berbicara dengan baik dan berekspresi akan lmembuat dirinya lebih mudah untuk mengutarakan keinginannya, dan lebih mudah dipahami oleh orang sekitar. 

Memberi Ruang Kepada Anak Untuk Jujur

Hal penting dalam keluarga tak luput dari yang namanya komunikasi, maka dari itu penting sekali untuk orangtua dan anak saling berinteraksi agar ada ikatan yang lebih dekat dan intens untuk meminimalisir rasa canggung. 

Jika anak sudah mulai bisa terbuka kepada keluarga, dengan komunikasi yang baik maka akan memperkecil kemungkinan si anak berbohong, dan terbiasa terbuka untuk berkata jujur atas masalah yang dia peroleh. 

Dapat Menyalurkan Dukungan

Jika komunikasi dalam keluarga berjalan dengan baik dan positif, tentu saja setiap keluarga dapat memberikan dukungan satu sama lain, dengan demikian keharmonisan keluarga dapat diperoleh. Atas hal ini, anak anak pun dapat lebih mudah untuk bereksplorasi akan keinginannya, karena komunikasi yang baik dapat mempermudah suatu dukungan untuk diterima. 

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat dari komunikasi dalam keluarga seperti fungsi untuk mengontrol pergerakan anak, melatih sikap empati anak dalam keluarga, dapat saling memahami persamaan dan perbedaan, memiliki visi dan misi yang sama, dan masih banyak lagi manfaat lainnya. 

Jadi apakah kamu sudah menerapkan komunikasi yang baik dalam keluargamu? Lalu manfaat apa saja yang telah kamu peroleh dari komunikasi yang baik ini? Memang banyak sekali tantangan dalam mendidik anak, namun tidak ada salahnya untuk mencoba memulai dalam menerapkan bentuk komunikasi yang baik dalam keluarga.


Leave a comment

×